PT. ESEMKA Aktif Beroperasi Segera Diresmikan

Lama tidak terdegar kabarnya, PT. Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka di Desa Demangan Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah saat ini masih aktif beroperasi. Hal ini dinyatakan langsung oleh warga sekitar pabrik perusahaann tersebut.

Berdasarkan pantauan Antara  dari luar pabrik pada Sabtu (6 April 2019) lalu terdapat banyak motor milik karyawan sedang parkir di halaman sisi barat pabrik meskipun pintu utama fasilitas itu tertutup rapat.

Pada sekitar wilayah pabrik itu juga tampak sejumlah petugas satpam PT. Esemka yang berjaga-jaga di pos dekat pintu masuk gedung perusahaan tersebut. Selain itu, di pabrik Esemka yang memproduksi mobil tersebut juga tampak sedang adanya pembangunan bangunan baru di bagian belakang. 

Sejumlah wartawan kerap kali meminta izin kepada satpam untuk meliput bagian dalam fasilitas pabrik tersebut. Namun usaha wartawan ini tetap ditolak tegas oleh petugas pabrik itu. Tetapi satpam tersebut mengatakan bahwa PT. Esemka di Boyolali akan segera diresmikan. Petugas juga menyarankan bahwa jika wartawan ingin meliput untuk menunggu hingga peresmian diselenggarakan.

Jika akan meliput tunggu saja saat cara peresmian nanti,” kata sang petugas keamanan yang tidak ingin menyebutkan namanya.

Berdasarkan pernyataan yang diungkapkan Yanti (45), salah satu warga Desa Demangan yang rumahnya tidak jauh dari pabrik, beliau mengatakan pabrik PT Esemka terus berproduksi mobil-mobil. Tetapi ada kemungkinan Sabtu ini, sedang libur, sehingga tidak banyak aktivitas di dalam pabrik.

Beliau juga mengatakan bahwa  PT Esemka memang terus melakukan pengembangan pabrik dan terlihat dari luar sedang membangun sebuah gedung di bagian belakang pabrik.

"Namun, saya tidak tahu gedung yang baru dibangun itu, untuk apa," kata Yanti.

Kusno warga setempat lainnya, menjelaskan, di PT Esemka Boyolali itu ada aktivitas. Sejumlah karyawan bekerja di sana, baik sebagai pekerja pabrik maupun kuli bangunan.

"Saya melihat aktivitas pabrik, pada Jumat (5/4/2019). Sejumlah orang bekerja sedang mengecat atau membersikan tulisan PT Esemka yang menempel di dinding tembok pagar dan pabrik," katanya.

Namun, kata dia, tidak tahu apakah hanya bekerja rutin untuk pemeliharaan atau untuk persiapan rencana acara peresmian pabrik.

"Kami melihat yang jelas PT. Esemka ada aktivitas dalam pabrik proses produksi," tutup dia.

Sumber:

https://www.suara.com/otomotif/2019/04/06/190207/warga-di-sekitar-pabrik-akui-produsen-mobil-esemka-aktif-beroperasi